Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Rambut Kering Tanpa Harus ke Salon

Cara mengatasi rambut kering tanpa repot dan keluar uang pergi ke salon. Beberapa orang memiliki rambut yang hitam, kuat, dan bagus. Banyak juga yang memiliki rambut kering, mudah patah, dan kusam. Bagi yang mengalami masalah rambut kering ini, memelihara rambut panjang itu sesuatu yang sulit sekali dilakukan.

Siapa yang mudah mengalami masalah rambut kering?

Masalah rambut kering bisa dialami siapa saja. Tidak peduli jika anda pria atau wanita, berambut pendek atau panjang, berwajah menarik atau biasa saja (itu sih tidak ada hubungannya dengan rambut kering, hehe), semua bisa mengalami masalah rambut kering.

Apa penyebab rambut kering?

Penyebab rambut kering adalah kondisi tubuh yang tidak mampu memberikan kebutuhan rambut untuk tumbuh normal. Jadi sebenarnya yang paling utama adalah makanan anda, baru kemudian faktor lain seperti kurang istirahat. Faktor-faktor lain itu bisa kita cirikan sebagai berikut:
Cara Mengatasi Rambut Kering

Keturunan

Jika kita amati, jenis rambut itu diturunkan dari orang tua. Mulai dari warna, bergelombang, lurus, atau keriting, dan juga tingkat kekeringan dan kelembaban rambut. Jika orang tua anda memiliki rambut yang kering, maka kemungkinan anda juga akan mewarisi sifat rambut kering tersebut.

Paparan sinar matahari berlebihan

Wah, kalau ini, hampir semua orang yang memang pekerjaannya di lapangan, mengalaminya. Seandainya memungkinkan, cobalah untuk memakai topi. Selain untuk melindungi kulit wajah anda, topi juga sedikit menambah perlingungan untuk rambut anda.

Berada di ruangan ber-AC terlalu lama

Repot ya, kena panas sinar matahari rambut kering, eh, giliran berada di ruangan ber-AC yang dingin, rambut juga malah jadi kering. Kog bisa? Ternyata ini hubungannya dengan produksi keringat di kulit kepala. Karena suhu dingin, keringat jadi tidak keluar, dan rambutpun jadi kering.

Selain itu, udara dingin yang keluar dari AC itu memang sifatnya kering. Jadi tidak heran, selain bisa membuat rambut jadi kering, kulit kita juga terlihat kering dan berkeriput ketika terpapar udara dingin AC terlalu lama.

Makanan pedas, berlemak, dan berminyak

Kalau yang ini kebalikannya. Makanan pedas, berlemak, dan berminyak yang biasanya berasa enak sekali di lidah itu, berkecenderungan untuk membuat kita berkeringat. Harusnya bagus dunk untuk membuat rambut jadi lembab.

Betul. Masalahnya, keringat yang berlebihan ketika kita kepedasan, makan makanan berlemak dan berminyak tadi, akan relatif lebih sulit untuk dibersihkan. Jadilah keringat dadakan yang banyak tadi lebih mudah membuat rambut jadi kotor. Lalu kering.

Terlalu sering dipermak

Tuntutan pekerjaan atau juga tuntutan anda sendiri sebenarnya, sering kali membuat rambut anda tersiksa berlebihan. Sebut saja proses pelurusan rambut, pewarnaan, diberi jelly, hair-spray, dll.
Iya, semua itu membuat rambut anda tampil cantik dan bagus. Tapi juga membuatnya berubah sifat yang ujung-ujungnya menghilangkan kelembaban-nya.
Lalu harus bagaimana dunk?

Cara mengatasi rambut kering tanpa harus ke salon

Tidak ada yang salah anda pergi ke salon untuk mendapatkan perawatan rambut terbaik. Masalahnya cuman biayanya kadang terlalu mahal untuk orang kebanyakan. Dan kadang-kadang, cari salon yang bener-bener bagus itu gampang-gampang susah.

hNah, supaya kita tidak perlu pergi ke luar rumah dan mengeluarkan uang lumayan banyak, kita bisa lakukan beberapa tips berikut ini.
  • jangan keramas terlalu sering. Kalau terpaksa, gunakan shampoo yang ringan.
  • gunakan produk untuk rambut yang tepat. Perlu beberapa kali coba-coba merk sih. Tapi kalau anda hanya termakan oleh iklan, resikonya bisa membuat rambut kering tambah parah.
  • gunakan produk perawatan rambut yang cukup. Jangan cuman shampoo dunk, gunakan juga kondisioner, dan hair tonic.
  • kalau parah, anda mungkin perlu mencari produk creambath dan hair mask untuk diaplikasikan sendiri di rumah.
  • jika rambut cukup bermasalah, sebaiknya gunakan serum yang diteteskan pada bagian kulit kepala kemudian lakukan sedikit pemijatan.
  • kurangilah semua proses yang menyiksa rambut anda. Misalnya pewarnaan, pelurusan, dll.
  • kurangi mengonsumsi makanan pedas, berlemak, dan terlalu berminyak. Cobalah menambah porsi sayuran dan buah di menu anda.
  • minum air putih yang cukup. Setidaknya 8 gelas per hari.
  • jangan tunda untuk tidur malam supaya tubuh anda bisa beristirahat setidaknya 6-8 jam perhari.
  • olah raga yang cukup.
Satu-satunya kerugian yang anda dapatkan ketika merawat rambut kering sendiri di rumah adalah tidak ada yang akan memberi bonus pijatan pada kulit kepala dan bahu anda, kecuali anda bisa memaksa adik anda untuk melakukannya. Selebihnya, cara mengatasi rambut kering tanpa harus ke salon di atas sudah cukup. Hehe…. Jangan lupa untuk membaca juga Cara Memanjangkan Rambut Dengan Cepat Sehat dan Alami. Kalau anda merasa punya hidung kurang mancung, boleh baca Cara Memancungkan Hidung Secara Alami dan Permanen.