Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memanjangkan Rambut Dengan Cepat Sehat dan Alami

Cara Memanjangkan Rambut Dengan Cepat Sehat dan Alami | Memiliki rambut yang panjang, sehat, hitam, mengkilat itu adalah impian hampir semua orang. Meskipun rambut yang panjang itu membutuhkan perawatan yang tidak sederhana, tapi masih banyak juga orang yang lebih menyukai rambut panjang.

Jika anda ingin memiliki rambut panjang, satu-satunya masalah adalah waktu. Ya, rambut itu butuh waktu yang bisa disebut lama untuk tumbuh sampai di panjang yang kita inginkan. Rata-rata, jika keadaan rambut kita ideal sehatnya, maka hanya 3 cm per bulan. Hmmm…. Lama sekali bukan? Bagi mereka yang kurang sabar, atau memang membutuhkan untuk tampil dengan rambut panjang, maka pilihan menggunakan hair extension adalah pilihan yang paling cepat. Meski itu sebenarnya hanya bohong-bohongan. Haha… Ada cara lain tidak?

ujung rambut pecah-pecah

credit foto: WikiHow

Ya, sebelumnya kita musti perhatikan beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan rambut manusia. Kita musti melihat faktor genetik, kondisi kesehatan, dan perawatan.

Untuk faktor genetik, maka sebenarnya hampir tidak ada yang bisa kita lakukan untuk mengubahnya. Kita hanya bisa mengusahakan dari sisi luar, alias mencukupi kebutuhan gizi dan mineral untuk pertumbuhan maksimal rambut, membuat aliran darah di kulit kepala semakin baik, dan melakukan perawatan sebaik-baiknya.

Memang kita tidak akan bisa mendapatkan rambut panjang dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Semua butuh waktu. Dan inilah yang bisa kita lakukan supaya rambut tumbuh lebih cepat dan  sehat, seperti ini:

  1. Gunakan minyak esensial, seperti lavender, basil, jelatang, dan lemon. Tuangkan beberapa tetes minyak esensial tadi langsung ke kulit kepala. Gunakan pipet kalau kesulitan. Pijat dengan lembut sampai merata. Biarkan semalaman. Cuci rambut anda di keesokan harinya.
  2. Minum air putih yang banyak. Jika ada yang bilang sebaiknya minum 8 gelas air putih setiap hari itu ada benarnya loh. Air putih akan membantu kulit dan rambut untuk tetap sehat ditengah aktivitas keseharian kita yang mungkin banyak menguras tenaga. Tubuh yang dehidrasi juga sangat berpengaruh pada kesehatan rambut. Jika kita kekurangan cairan – dalam hal ini air putih – maka biasanya rambut akan mudah bercabang. Jika begitu, kita harus sering memotong ujung rambut yang bercabang itu tadi, jadi tambah lama dech panjangnya.
  3. Berolahraga secara teratur dapat meningkatkan sistem peredaran darah hingga ke seluruh bagian tubuh, termasuk kulit kepala. Semakin baik peredaran darah kita, tandanya semakin banyak pula darah dan nutrisi yang disediakan untuk folikel rambut.
  4. Menyisir rambut dengan tepat. Gunakanlah natural boar brush yang memiliki bulu sikat yang halus dan lunak pada rambut serta kulit kepala kita. Menyisir dapat menstimulasi proses produksi minyak kulit kepala yang bertugas melumasi rambut dan kulit kepala kita. Jika rambut kita termasuk tipe yang berminyak,  hindarilah menyisir terlalu sering karena hal tersebut hanya membuat rambut kita semakin berminyak. baca: Cara Cepat Memanjangkan Rambut Dengan Menyisirnya: Apa Yang Harus Diperhatikan?
  5. Jaga kebersihan rambut dan kulit kepala. Biasakan untuk mencuci rambut kita secara teratur untuk menghilangkan segala kotoran, debu, dan endapan minyak yang menumpuk pada rambut kita. Keramas dapat membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori di kulit kepala yang bisa menghambat pertumbuhan rambut. Selain itu, keramas juga merupakan kegiatan pemijatan yang baik pada kulit kepala untuk menstimulasi dan menyediakan jalan rambut baru untuk tumbuh dengan mudah.
  6. Memperbanyak asupan protein akan membantu rambut tumbuh lebih cepat. Sedangkan makanan yang mengandung lemak jenuh dapat memperlambat proses pertumbuhan alami rambut. Makanan seperti telur, yogurt, kacang almon, kacang mete, dan susu, merupakan sumber protein yang baik untuk mendukung pertumbuhan rambut. Kemudian kita bisa optimalkan juga dengan memasukkan makanan yang mengandung vitamin A, B, C, E, seng, dan zat besi (seperti daging sapi, bayam, yogurt, dan ikan) dalam menu harian kita.

sumber: Astrid Anastasia – Prevention Indonesia

Posting Komentar untuk "Cara Memanjangkan Rambut Dengan Cepat Sehat dan Alami"